Study di Jerman ? Agen atau Sendiri ?

Schloss Heidelberg

Schloss Heidelberg

hallo minna, gimana kabar kalian ?

hari ini chie bakal berbagi pengalaman chie tentang Study ke Luar negeri lebih tepatnya study ke jerman. wow jerman… punya banyak kota yang indah dan cantik #enggamenurutku#. okay back to topik, sebenernya untuk kalian ni adik adik kakak kakak tercinta yang mau nyususul sama kaya chie cari susah di negeri orang #lohfaktanihfaktabuatchie-_-# gampang gampang susah kok. sekarang chie bakal bahas bagaimana chie bisa sampai di negeri orang ini.

okay yang pertama melalui agen.

di Indonesia tercinta sudah banyak agen agen pendidikan yang bersedia untuk mengantarmu ke sini. well ya dengan mulut dan bahasa mereka pastilah kalian tau. jujur chie juga ke sini pake agen pendidikan dan chie cuma bisa elus elus dada aja, di bilang nyesel juga iya, di bilang engga juga iya. susah kan? okay chie kasih tau enaknya pakai agent itu apa. read it

vorteil :

1. bingung kursus bahasa di mana ? sudah kami sediakan

di tempat agen chie, yang namanya kursus udah di lakuin jauh jauh di indo. dari level A1-B1. dan pastinya kalian tau lah gimana enaknya belajar masih di indo, ga tau artinya, bisa langsung tanya ke Frau buat cari tau artinya dalam bahasa Indonesia. Muttersprache dimana mana enak kok.. apalagi bahasa dearah… wuih ngomong sampe mulit maju pun ga bakal capek. ini sangat membantu kalian yang belum bisa fasih berbahasa inggris. karena biasanya kalau kalian ambil kursus bahasa di jerman langsung, bahasa pengantar kalian ada yang pakai bahasa inggris jerman. so keep it easy.. hemat uang biaya hidup juga kan ? gak sebentar lo kursus bahasa jerman. kecuali kalian udah bisa bahasa jerman dasar, kalian bisa di kebut sama mereka #gakayachieblasgatau#

2. belum punya paspor, dokumen terjemahan, visa , id uni assit?? kami yang urus

hahaha buat chie itu sangat menguntungkan. tinggal kasih dokumen yang di butuhkan untuk persyaratan, jadi deh… but setiap agen punya perbedaan kontrak. baca ati ati ya.. sekali tandatangan ga bisa mundur lo. ancemanya gampang ” kamu kalo ngambil id kamu, kontrak batal” misalnya. sudah fix. jalan ajaa broooo

3. hmm bingung tinggal dimana saat pertama datang ? kita carikan!

wow jangan salah lo, cari wohnung di jerman susah lo guys. mereka juga mikir mikir kalo mau nerima orang. kadang ada yang di liat konto tabungan mu. cukup ga? memang biaya perbulanya murah kak, 210 euro, 250 euro.. kautionnya ? bisa 3x lipatnya kakak… belum biaya lainya,,, nebenkosten, sonstigekosten.. hahaha hati hati kawan…syukurlah kalo ada yang nemu di komunitas indo yang nerima zwischenmitte… jadi murah… kalo ga ? mampus dah ! nah kalo agen chie udah nyariin wohnung chi. kira kira 6 minggu lah… walau endingnya beda karena akunya aja yang ga betahan. agen chie juga jemput chie dari bandara, tepatnya teman teman chie sama senior yang sudah tinggal di sini. meraka bakal bantu kita yang baru dateng dan polos ini. hati hati jangan heidown. dan tentunya gratis biaya jemput dan biaya ticket dari frankfurt ke wohnung aku ( di Heidelberg ). kita tinggal anmelden ke Burgerarmt, selesai deh…

4. daftar ke Studienkolleg ? kami bantu sampai keterima!

asik kan bunyinya… kalian tinggal belajar,,, jesss langsung dateng zulassung… berangkat deh… saran ni.. beli tiket jauh jauh hari ya… biar jatuhnya murah… kalo mepet… mapus lu ! hahaha engga engga,,,, harganya mahal teman… ga jauh beda si… tapi mendingan beli jauh hari… lebih murah kak…

5. banyak banget si…. sampe bingung nulisnya.

 

oke itu tadi menurut pandangan chie di agen yang chie ikutin

sekarang nachteil

1. biaya ? MAHAL ?

ga beda sama bayar naik haji , kalian kalo mau ikut agen harus bayar dari 70 juta sampe ratusan juta. lebih murah jelas fasilitas lebih jelek. biaya belum berhenti di situ kawan. belum konto db kalian harus 8040 euro. belum biaya wohnung pertama kalian ( kalo agen chie bayar sendiri ) belum lagi kalau ada bumbu bumbu lain lainya… siap siap guys ! baca kontrak… cari tau smua bahkan kalian di sana nasibnya bagaimana… penting itu.

2. pendaftaran STK terbatas

itu si di agen chie lo, agen chie cuma bisa max 5 stk per musim selama 2 tahun ( berarti dapet 20x ). kalo mau lebih harus bayar 15 euro per stk. karena mereka mendaftarakan melalui UNI ASSIST….itu aja kalo dapet zulassungnya… kalo ga ? kalo denger dari agen lain chie cuma bisa meringis.. ketawa sambil nangis hahaha….karena ada kontrak yang harus chie patuhi… tapi bisa juga direkt langsung ke uninya…minta dokumen terjemahan dari indo aja… kamu bawa buat direkt.. tapi apa daya…dokumen terjemahan lengkap chie dateng ke sini waktu udah banyak yang tutup… sertifikat bahasa di pegang agen.. ya fix… jalan brooo lanjutkan untuk hidup. bagi yang punya tipe kaya chie, kejar waktu… hati hati lo ya ! jangan nyesel dan nyerah,,, banyak yang sampe turun kurs ( dari M ke T, dari M ke W ) sadar susah dan zulassungnya abis… bahkan sampe pulang wuiiiih

3. terikat perjanjian

yang namanya agen pasti ga mau rugi lah… udah di tata malah melenceng sampe sininya.. makanya di adakan tanda tangan perjanjian. di situ titik awal hati hati kalian,,, baca dengan seksama… dalam waktu yang lama. kasih tau orang tua kalian buat perhatiin bener bener perkataan mereka. banyakin tanya… udah bayar jangan takut tanya… bahkan sampe encok tu mulut… demi masa depan ? warum nicht ? pertama di indo itu kontrak ga bakal kerasa guys.. itu bakal kerasa waktu kamu di sini, di Jerman. jangan mau terjerumus janji manisnya tanpa tau bukti real. kalian ga bisa buat apa apa kalo sampe ga bener bener paham sama tu kontrak kalo udh sampe sini. kalian cuma bisa ngomong ” ya wes lah.. wes kadung ngene.. bayar bayar….buang sial buang sial…. k#mp*et” mau nuntut ? eits… hitam di atas putih guys… no no no….

 

 

hahaha… ga tau mau cerita apaan… sebenernya banyak si.. tapi segitu aja….

okay sekarang chie bakal cerita kalau kalian mau sendiri dateng ke sini. seperti di atas… vorteil sama nachteil

vorteil :

1. biaya ? Lebih Murah?

warum ? es geht! Kalian bisa cari Kursus di mana mana… contoh ambil lah goethe… ambil kursus di sana… kalo engga ambil kursus di les lain… ujian di goethe… lebih murah lagi kan… tiket pesawat ? cari yang promo banyak… paling pengeluaran kalian ga sampe 50 juta… inget lo.. cuma kira kira… tergantung naik turun harga… bisa aja lebih murah

2. visa, dutschbank, paspor, Wohnung, id uni assist ?

buka web officialnya, tertera kok di sana… belum tentu pake agen bakal lebih cepet… ada tuh temen aku kena masalah karena ga nyentang kewarganegaraan.. kesalahan siapa ? sendiri kan ? makanya ga ada yang njamin bisa lancar semua pake agen…ngurus sendiri lebih afdol n murah. visa ditolak.. kalian bayar sendiri lagi klo pake agen… ya sama aja…kalian kan mbayar pake uang pertama kalian daftar kalo pake agen… di puter puteerrr

Wohnung bisa cari di wg-gesucht.de or immobilienscout. inget cari yang ada nomer yang dihubungi… hubungi pake WA.. di sini lebih terkenal WA dan Facebook.. dari pada Line, kakao dll… hahaha or maybe hubungi email… aktif kakak… jiwa indo semangat amerika

3. keberangkatan ? up to you!

eits bukan ngasal aja kalian bisa berangkat. liat dulu bahasa kamu… sesuai kemampuan kamu. semakin lancar semakin cepat kamu berangkat. ga perlu nunggu kloter. sampe sini kalian bakal ngomogn “huh apa tu kloter…” visa sekarang menentukan harus b1… jalan broooo. atau kalian mau les bahasa di jerman langsung? bisa… hubungi pihak kursus kalian… minta surat ikut serta kursus,,,, beres kan ? langsung belajar di kandangnya… mantap lo…. ada juga si agen yang nyuruh kamu belajar dari awal di jerman… kalau ada… pilih itu aja… bagi yang males sendiri…

4. tinggal kota mana nih ? terserah.

liat lebenkosten di internet. kalian bebas mau ambil ke kota mana. sudah jelas münchen paling mahal… kalian suka ya boleh… mau cari yang lebih murah silahkan…. banyak kok… nomer satu münchen, kedua Heidelberg dll

ya lebih jelas… kebarat lebih mahal dari pada ke timur. itu aja si simpel mindnya…

5. kontrak ? apa itu kontrak ? huh ga kenal

yak… kalian berangkat sendiri jelas tanpa perjanjian kan….kalian bebas… kalian mau kemana terserah… tinggal jaga diri aja… dan hati hati… heheh

 

nachteil

simpel kok… kalian bakal ngurus itu SENDIRI. apa apa sendiri… ga enak ? ambil agen aja kalau kalian ngerasa berat… tapi ya itu… baca lagi yang di atas.

inget JIWA INDONESIA SEMANGAT AMERIKA …. jangan loyo…tegas !.. pegang teguh pendapat…. harus aktif juga

 

okay sekian dulu… chie juga ga ngerti mau nulis apa. ini cuma sebagai perbandingan dari pengalaman,,, bukan promosi bukan jatuhin. mau cari info lain ? bisa inbox chie di FB or twetter…. atau komen down below.

sekarang chie lagi menikmati di wohnung chi di Bonn… dan kalau kalian mau tanya tanya soal wohnung , lebenkosten dll di Bonn atau Heidelberg… bisa tanya chie… lagian rata rata sama kok harga wohnung,,, faktor gluck juga bisa…. simpelnya lebenskosten tergantung individu… ga bisa di pungkiri kalau kalian suka jajan n jalan jalan biaya hidup lebih mahal… beda sama org yang suka tirakat, puasa,,,, jamin itu konto db penuh hahahaha #joke

aufwiedersehen

chie

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s