Curhatan Anak Rantau

Guten Morgen zusammen … wie geht’s ?

hhaaha… sekarang sudah hari kamis jam 4 pagi. Hari ini dimana hari chie pengin curhat ke kalian semua tentang pengalaman chie disini merantau mencari ilmu dan tentunya menyelam sambil minum air kan ? hehehe

jangan anggap remeh kalian kalau sudah menginjak negara asing dan ingin hidup bertahan di sini. Di sini yang namanya cari kerja, Rumah, Uni, STK, STWgh susah banget. butuh waktu dan kesabaran. kita di sini sudah terbagi dan tercamput oleh banyak kebudayaan dan kultur yang bisa di bilang segudang jadi es campur kali kalau di misalin.

1. MENCARI PEKERJAAN

hehe banyak yang bilang mencari pekerjaan di sini itu gampang dan susah. ada yang bilang kalau mau cari pekerjaan di sini harus bahasa jermannya yang TOP BGT… hahah ga juga si menurut chie… bukti nyata dan real… ini dia CHIE.. hahah… bahasa jerman chie belum selancar radio yang berdendang dan tentunya masi loding kaya modem yang kehabisan pulsa bekerja sebagai verkauferin a.k.a penjaga kasir. di liat lagi dari sisi mana ? LUCK ! ya itu saja. chie dan teman chie dingin dingin muter muter cari pekerjaan apapun itu yang penting halal dan barokah. emang bener yang pengin cari pekerjaan di sini harus bisa lancar berbicara bahasa jerman. hahah…. bahkan pernah dina ketemu sama chef nya… barusan aja perkenalan dan langsung tau kalau bahasa jerman chie jelek… hahah langsung detik itu juga di tolak… pantang menyerah chie cari lagi…. chie puterin tuh yang namanya Innenstadt… setiap hari… sampai berhenti di depan toko roti di dekat hauptbahnhof…chie masuk dan daftar…. beberapa minggu kemudian chie di panggil… dan itu semua rejeki sudah ada yang mengatur…. sempet takut juga… masalah di visa chie… tapi Allah berkata bahwa dina bekerja di sana… ya sudah… hehehe… yang penting tahan banting aja sama terus cari terus dan terus… asah terus kemampuan dasar berbahasa jerman… yang lebih susah lagi kalau belum pernah bekerja di bagian itu… contohnya lagi … CHIE… hahah faktor Luck itu penting di sini. Chie ga tau harus bilang gimana… chie juga ga tau kenapa bisa chie dari pada yang lain… yang sudah pernah kerja di sana dan menulis kemampuan bahasa ” SEHR GUT” lah aku ??? B1… hahhaaha

2. MENCARI RUMAH

www(dot)wg-gesucht(dot)de

itu adalah salah satu webside aku mencari rumah di jerman. emang banyak pilihannya… tapi masalahnya

  1. sering sudah penuh
  2. ga ada nomer telp yang bisa langsung direkt di telp jadi harus email dulu dari websidenya dan nunggu mungkin sampai lebaran kucing baru di balas
  3. penipuan

terkadang jangan pernah malu untuk mendaftar PPI di kota kalian masing masing. itu berguna banget loh ! karena chie sering banget dapet rumah murah ( Zwischenmiete ) dari mereka yang mau pulang dulu atau praktikum dan kosong lebih dari 3 bulan… wow … ambil…apalagi ohne Kaution….. sikaaaattttttt

di sini sering banget kalau miete ( perbulannya murah ) tapi kautionnya NAUDZUBILLAH hahah ( 3x miete bisa juga sampe 5x miete ) bayangin aja kalau perbulannya emang 300 euro.,.. lah pertamanya … 300 + (300×3) = ….. hahahah

3. STUDENTENWOHNHEIM

lalalala… Studentenwohnheim ada yang dari uni ada juga yang private… harganya relativ sama… bahkan studentenwohnheim yang chie dapet ohne kaution perbulan 130 euro… jelas itu private Wohnheim karena chie belum masuk UNI dan tentunya kalau bisa pun harus antri sepanjang jalan kenangan… hahah… sebenernya chie dapet rumah di studentenwohnheimnya uni.. karenaaaaa… anak PPI yang pulang ke indo… dan menyewakan rumah ( apartement ) untuk sampe desember 2015 seharga 400 euro untuk 2 orang… ( per orang 200 euro ) dan ohne kaution

setelah dari situ chie pindah ke studentenwohnheim chie yang private…

kuncinya bisa dapet studentenwohnheim

  1. kepoin terus STW
  2. cari kenalan yang sudah pernah tinggal di STW dan mau pindah ( jadi bisa pindah tangan dengan cara Vollmacht ) tapi kalian harus bayar kautionnya ( dari 500 euro lebiih )
  3. kalau private terus telp check keberadaan mereka… free atau tidak…
  4. berdoa

hahah yang ke empat engga enak banget ya… la gimana lagi.. emang gitu kok… bersabar tawakal berdoa…

 

sudah ? ada pertanyaan ?

 

chie di sini sering dapet masalah tentang apa aja… di sini chie sering ngerasain kebeneran dari kata kata  ” SEMUA INDAH PADA WAKTUNYA ”

itu pasta terjadi pada orang yang bersabar dan berdoa

 

salam sayang

 

CHIE

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s