study japan language

]hiragana dan katakana

Halo…sekarang chii mau mengajarin kalian cara menulis huruf  jepang ( hiragana dan katakana ) well kalo untuk kanji nanti menyusul ya …yang penting ini dulu kalian kuasain…gampang kok….

nah chii mau njelasin dulu nih kegunaan dari kedua huruf tersebut

1.. HIRAGANA

hiragana itu adalah huruf yang di gunakan untu kalimat asli berasal dari jepang…misalnya sakura, arigatou, dll…dan biasanya keluhan temend temend chi katanya huruf  hiragana lebih gampang dari pada huruf katakana…padahal kalo di liat baik baik…coretannya lebih ruet di hiragana kan? kalian mau tau apa sebabnya? karena guru kalian di sekolah membiasakan kalian nulis cuma huruf hiragana…coba kalina sambi nulis katakana sewaktu suruh nulis hiragana…pasti kan gampang…hehehe….

2. KATAKANA

katakana paling sering di gunakan untuk kata asing atau nama orang.  misal..socer ( tulisannya saka~)calendar di tulis karenda~,dll. untuk contoh penulisan katakana chii taruh nama kalender chii pake katakana…kenapa? karena kata kalendar berasal dari kata asing. tapi kalo yoteihyoo pake hiragana…soal dari kalimat jepang asli…bukan adaptasi dari luar negari…hehehe…

sampai di sini mengertikah?  apa gunanya huruf  hiragana n katakana? soalnya kalo kalian gak mudeng 2 huruf ini ya susah nantinya kalo mau mbahas kanji yang banyaknya sampe ribuan…ckckckc…but…keep semangat oke…belajar jepang tuh enak kok….. apalagi kalo les…chii pernah les di LPK JCC semarang…kelasnya nyaman kok…mudeng…( bukan promosi loeh ) tapi sayang chii keluar cuz sibuk tugas n capek bwanget..( jauh sieh dari rumah…rumah chii daerah bawah…sedangkan JCC daerah atas T_T  ) but…ilmunya masih nyantol kok di kepala chi…hehehe……kalo niat pasti hal hal yang sesingkat singkatnya pasti hapal…karena niat….ya gak?

nah untuk latian nulisnya chii saranin ya kalian butuh :

1. buku kotak2 besar ( 2 buku cuz untuk hiragana n katakana )

2. pensil mekanik ( jangan yang kayu cuz kalo buat nulis gak enak n tebel banget )

3. penghapus

pertama kalian belajar nulis  1 buku untuk huruf  hiragana a-n dulu ( per halaman 1 huruf full ). habis a-n lanjut ke yang rangkap hiragana. nah setelah itu lanjut ke katakana. sama kaya waktu belajar nulis hiragana….

NB: inget!  patahannya harus jelas! jangan sampe yang seharusnya gak pake patahan di kasih patahan. ( untuk lebih jelasnya  sercing huruf  hiragana katakana yang besar ocre..biar lebih gampang ) soalnya kalau kalian gak memperhatikan patahannya nanti waktu kalian nggambar kaligrafi jepang gak rapi n gak mbentuk jadinya.. pluss  jngan lupa sambil di inget inget hurufnya.

kalo kalian bener niat n ngikuti cara di atas dengan benar..dalam seminggu kalian bisa hapal loeh…diriku ini di ajari pake cara begono soalnya..n chi bisa nulisnya dalam seminggu juga….hehehe…..semangat…….oke……

salam sayang

chii😀

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s