partikel partikel

hehe….sekarang mulai beranjak ke oartikel nieh guys. partikel memegang peranan penting dalam bahasa jepang dan memiliki fungsi sebagai penerang hubungan antara kata kata dalam sebuah kaliamat

A. PARTIKEL KASUS

の  (no):   berfungsi menunjukan kepemilikan misal: umi no kaze=>angin laut

が  (ga):  mengikuti kata benda atau kata ganti. misal:  watashi ga ikimasu=> saya akan pergi

を (wo):  mengikuti kata benda dan kata mati. misal:  hon wo yomu => membaca sebuah buku

に (ni):  menunjukan orang atau benda dimana aktivitas meluas. misal: sora ni niji ga deru=> bianglala muncul di langit

ヘ (he):  menunjukan arah atau benda. misal: nishi e susumu=> maju ke arah barat

と (to):  menentukan perbandingan. misal: izen to onaji yarikata=> cara yg sama seperti sebelumnya

より (yori): menunjukan perbandingan.misal: chichi yori se ga takai=> saya lebih jangkung daripada ayah saya

で (de):  menunjukan suatu perbuatan. misal: puuru de oyogu => berenang di kolam

B. PARTIKEL ADVERBIAL

から~まで (kara~made): dari~sampai.misal: tokyo kara hokkaido made tabi suru=> berprgi-an dari tokyo ke hokkaido

だけ (dake): menunjukan pembatasan sesuatu. misal: hikari dake=> hanya hikari saja

ほど (hodo): di gunakan di blkng kt bentuk benda. misal: ato gomai hodo hitsuyoo desu=> sy butuh 5 lembar kertas lg

 

C. PARTIKEL PENJELAS

は (wa): di gunakan di belakang banyak jenis kata. misal: benkyoo wa modo sunda=> saya sudah mengerjakan PR saya

も (mo): di gunakan di belakang banyak jenis kata. misal: ani mo byooki ni natta=> kakak saya juga sakit

と (to): menghubungkan 2 kalimat. misal: niwa e deru to sakura detr itta=> klo u ke kebun, u dpt liat phn ceri n sakura

 

D. PARTIKEL KALIAMAT

か (ka): menyatakan bebagai kata tanya.misal: kimi wa dare deska? => kamu siapa?

ね(ne): di gunakan pd akhir kaliamat. misal: arigatou ne=> terimakasih ya

 

E. PARTIKEL PENGHUBUNG

ば (ba): menyatakan persyaratan. misal: ame ga fureba, ryokoo wa chuusi=> kalau hujan, darmawisata itu di bubarkan

ても(temo): menyatakan izin dsb. misal: kudamono nara tabete mo ii desu yo=> buah”an bagus u/ kamu makan

けれども ( karedomo): kata sifat berakhiran-ii. misal: mazushii keredomo=> dia miskin material

が  (ga): kata sifat berakhiran-ii.

の に(noni): menyatakan ketidak puasan

ので(node): menyatakan sebab, alasan, dsb

 

hehe…segini dulu ya…tangan chi capek copas dari mbah translit…ma mbuka2 kamus…udah jam segini chi belum tidur…gila aja akgh udah mo jam 5 pagi….gpp dech…yg penting ilmu chi bisa sampe ke kalian semua….kalo mau tanya komen aja…

salam sayang

chii

😀

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s